4 Mei 2017

Membuat Texture di Blender


Shortcut yang digunakan:
  1. Select (Right Click)
  2. Pan (Middle Click)
  3. Zoom (Mouse Wheel)
  4. Add Objek (Shift + A)
  5. Delete (X)
  6. Save File (Ctrl + S)
  7. Move (G)
  8. Rotate (R)
  9. Scale (S)
  10. Duplicate (Shift + D)
  11. Select Object (Right Click)
  12. Make Face (F)
  13. Extrude (E)

Objek yang digunakan yaitu :
  • Cylinder
  • Circle
  • Cube


  • Pertama kita membuat kanvas baru dengan mengklik ctrl+N
  • Memperbesar cube dengan cara menekan tombol S lalu tekan angka 5.
  • Setelah itu menghapus 3 face agar terbentuk sebuah ruangan, face atas, depan dan samping.
  • Selanjutnya kita membuat meja transparcy dengan cara:
    • Menambahkan objek cube dengan menekan (Shift + A)
    • Lalu ubah objek tersebut kedalam Edit mode. Caranya mengubah kedalam Edit mode bisa dengan cara menekan TAB pada keyboard.
    • Setelah itu menekan s (Scale) lalu z (untuk mengscale dalam titik z) untuk memipihkan cube agar menjadi atasan meja.
    • Setelah itu membuat segment dengan menekan tombol CTRL + R lalu scroll sampai segment sesuai dengan kebutuhan.
    • Setelah itu memilih 4 titik face yang berada disudut-sudut cube tadi yang telah dibuat dari segment
    • Setelah itu mengklik E lalu menarik kebawah agar terbuat kaki meja dari 4 titik face yang sudah kita pilih.
    • Setelah itu kita liat di menu properties yang berada di sebelah kanan ada tabs edit dengan nama material setelah itu kita ganti nama material menjadi transparancy setelah itu kita ceklis menu transparancy lalu kita ubah seperti gambar dibawah ini:


    • Jadilah sebuah meja transparancy.

  • Selanjutnya kita membuat kursi dengan cara:
    • Menambahkan objek cube dengan menekan (Shift + A)
    • Lalu ubah objek tersebut kedalam Edit mode. Caranya mengubah kedalam Edit mode bisa dengan cara menekan TAB pada keyboard.
    • Setelah itu menekan s (Scale) lalu z (untuk mengscale dalam titik z) untuk memipihkan cube agar menjadi dudukan kursi.
    • Setelah itu membuat segment pada kordinat x dengan menekan tombol CTRL + R lalu scroll sampai membentuk 4 segmen, lakukan hal yang sama tetapi terhadap kordinat y.
    • Setelah itu memilih 4 titik face yang berada disudut-sudut cube tadi yang telah dibuat dari segment.
    • Setelah itu mengklik E lalu menarik kebawah agar terbuat kaki kursi dari 4 titik face yang sudah kita pilih.
    • Setelah itu memilih dua titik face yang akan ditarik keatas untuk menjadi tiang senderan kursi.
    • Setelah menarik tiang senderan, kita akan membuat segment lagi dengan menekan tombol CTRL + R lalu tekan dan scroll mouse hingga membentuk segment menjadi 3, segmen ini digunakan untuk membuat sandaran pada kursi.
    • Setelah itu menarik face disisi segment baru yang tadi kita buat sehingga menjadi senderan pada kursi.
    • Setelah itu kita liat di menu properties yang berada di sebelah kanan ada tabs edit dengan nama material setelah itu kita klik new atau tanda positif untuk membuat material baru dengan nama material biru dan merah setelah itu kita pilih warna merah dan biru untuk material yang telah kita buat tadi.
    • Setetelah terbentuk satu kursi saya menduplikat kursi tersebut dengan menekan tomobol SHIFT+D.
    • Setelah itu kita seleksi kursi yang ingin kita ubah, ubah kursi ke menu edit mode terlebih dahulu setelah itu kita pilih material dengan nama biru lalu kita klik assign dan kursi menjadi bewarna biru.
    • Lalu lakukan hal yang sama terhadap kursi yang satunya lagi cuman berbeda pada saat memilih materi pada kursi kedua saya memilih material dengan nama merah.

  • Setelah itu kita akan membuat piring, dengan cara :
    • Menekan tombol (SHIFT + A), lalu pilih add mesh dan pilih circle.
    • Lalu ubah objek tersebut kedalam Edit mode. Caranya mengubah kedalam Edit mode bisa dengan cara menekan TAB pada keyboard.
    • Setelah itu menekan tombol E kemudian Z lalu tarik mouse kebawah sehingga berbentuk seperti gambar dibawah ini


    • Setelah itu kita tekan S untuk merapatkan garis setelah itu tekan F untuk membuat face pada objek yang di select.

  • Setelah itu kita membuat cermin :
    • Menambahkan objek cube dengan menekan (Shift + A)
    • Lalu ubah objek tersebut kedalam Edit mode. Caranya mengubah kedalam Edit mode bisa dengan cara menekan TAB pada keyboard.
    • Setelah itu menekan s (Scale) lalu z (untuk mengscale dalam titik z) untuk membuat cube agar menjadi lebih tinggi.
    • Setelah itu membuat segment pada kordinat x dengan menekan tombol CTRL + R lalu scroll sampai membentuk 4 segmen, lakukan hal yang sama tetapi terhadap kordinat y.
    • Setelah itu memilih 4 titik face yang berada disudut-sudut cube tadi yang telah dibuat dari segment.
    • Setelah itu mengklik E lalu menarik kebawah agar terbuat kaki cermin dari 4 titik face yang sudah kita pilih.
    • Setelah itu kita liat di menu properties yang berada di sebelah kanan ada tabs edit dengan nama material setelah itu kita ganti nama material menjadi cermin setelah itu kita ceklis menu mirror lalu kita ubah seperti gambar dibawah ini:

    • Lalu jadilah sebuah cermin.

  • Setelah itu kita membuat texture pada dinding:
  • Pertama kita pilih objek yang akan kita beri tekstur disini saya akan memberikan tekstur pada dinding yang saya buat dari sebuah cube
  • Setelah itu kita liat di menu properties yang berada di sebelah kanan ada tabs edit dengan nama material setelah itu kita klik ya tanda positif untuk membuat material baru setelah itu kita beri nama material dengan nama tembok dan tembok 1 disini saya membuat 2 material baru.
  • Setelah itu kita pilih salah satu material baru yang telah kita buat tadi, kita pilih material dengan nama tembok setelah itu kita pindah ke menu texture yang berada pada tabs edit sebelahnya menu material, kemudian setelah itu kita klik tanda positif untuk membuat texture baru kemudian kita masukin gambar yang kita jadikan texture, setelah itu kita ubah menu maaping dimana cordinatesnya kita isi dengan generate dan projectionya kita isi dengan cube. Dan jangan lupa kita klik pada kotak save an image packed in the .blend file to disk berfungsi untuk ketika kita merender projek maka gambar tidak akan hilang.
  • Setelah itu kita kita buat objek kedalam edit mode dengan menekan tombol SHIFT setelah itu kita harus berada pada face select lalu kita pilih bagian mana yang akan kita kasih texture dengan mengklik kanan pada bagian tersebut.
  • Setelah itu kita pilih material dengan nama tembok kalo kita klik assign perubahan pun belum akan terjadi sebelum kita mengubah display objek ke material dari sebelumnya yaitu solid.
  • Setelah itu lakukan hal yang sama untuk material ke 2 yang telah saya buat dengan nama material tembok 1.
  • Tampilan pada menu material dan texture:








OUTPUT PROGRAM



Tidak ada komentar:

Posting Komentar