Ringkasan
Eksekutif
Kami
membuat sebuah perusahaan dibidang pelayanan jasa perusahaan ini kita
beri nama SMP Bridal dimana perusahaan kami menyediakan
pelayanan
untuk acara pernikahan.
Target
pasar kami dari
masyarakat yang membutuhkan pelayanan pernikahan.
Dalam rencana pengembangan usaha, kami
mepromosikan usaha kami lewat pameran dan media sosial.
Kami
juga
melihat banyaknya
konsumen yang membutuhkan bantuan pelayanan pernikahan untuk
mempermudah jalannya acara pernikahan.
Prospek pengembangan ini, kami optimis bisa meningkatkan penghasilan
dari
perusahaan kami.
Keunggulan
jasa
yang kami
sediakan
:
a. Staf
kami berkerja secara profesional
b. Harga
dapat
disesuaikan dengan kebutuhan
konsumen
c. Customers bisa
me-request tema
yang mereka inginkan.
d.
Kami
memberikan kualitas dokumentasi yang sangat memuaskan.
e.
Alat-alat yang digunakan di perusahaan kami sangat lengkap dan selalu
terupdate.
Tujuan
:
Tujuan
1:
Memperluas
nama perusahaan kami sampai ke tahap internasional sehingga semakin
banyaknya konsumen atau pasangan yang menggunakan jasa kami
Tujuan
2:
Memenuhi
kebutuhan permintaan pasangan pengantin
Tujuan
3:
Tujuan
kami mencapai target penjualan dalam perminggu sebanyak 5 pasangan
dengan nominal sebesar Rp 15.000.000 perpasangan sehingga totalnya
menjadi Rp 75.000.000 perminggu
Pernyataan
Misi :
VISI
:
“Menjadi
yang terdepan dalam dunia Bridal, Photo & Video momen pernikahan”
MISI
:
“Memberikan
pelayanan terbaik bagi client kami dengan system “ One stop
services solution & Wedding Consulting” yang memudahkan client
kami dalam menyesuaikan budget anggaran, konsep photo preweed samapi
acara resepsi.
MOTO
:
“Kualitas
dan kepuasan anda adalah prioritas kami”
Perusahaan
SMP
Studio adalah
perusahaan yang bekerja dalam bidang produksi
jasa
yang menyediakan berbagai macam
pelayanan khususnya untuk acara pernikahan, seperti,
dokumentasi, photobooth, make up, penyewaan kendaraan pengantin,
penyewaan gaun pernikahan atau untuk pesta. Dimana
dokumentasi yang kami sediakan memiliki kualitas yang baik, tim tata
rias kami terdiri dari orang-orang yang sudah ahli dalam bidangnya
sehingga tata rias dapat disesuaikan dengan keinginan pengantin, dan
dalam penyediaan pakaian pernikahan kami menyediakan pakaian dari
berbagai adat. Perusahaan kami sudah cukup berpengalaman dalam
melayani atau menyediakan jasa pelayanan pernikahan.
Kepemilikan
Perusahaan
Perusahaan
kami termasuk dalam perusahaan sole proprietorship yaitu suatu usaha
yang dijalankan oleh satu orang pemilik yang berarti setiap tindakan
yang berhubungan dengan perusahaan tersebut menjadi tindakan yang
harus ditanggung jawabkan kepada pemiliknya (dalam arti antara
perseorangan dengan pemilik tanggung jawabnya tidak dipisahkan) dan
perusahaan kami dimiliki secara perorangan bukan termasuk dalam
perusahaan yang dimiliki publik.
Sejarah
Perusahaan
Perusahaan
ini termasuk dalam perusahaan yang sudah berjalan selama kurang lebih
3 tahun. Kami mendirikan perusahaan ini dikarenakan meningkatnya
kebutuhan masyarakat atas pelayanan jasa pernikahan dan kami
berinisiatif membangun perusahaan ini untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat tersebut.
Lokasi
dan Fasilitas Perusahaan
Alamat :
Ruko Premier Park 3 Blok B No. 10, Tangerang
Fasilitas
: AC, WiFi, ruang editing, ruang tata rias, ruang tunggu, toilet,
menyediakan minuman, ruang peralatan, studio foto, ruang marketing,
lobby, tempat parkir yang luas.
Status:
Menyewa per lima tahun.
Produk/Jasa
-
Dokumentasi (Foto, Video, Photo & video editing, Photo Booth)
-
Tata Rias
-
Penyewaan Kendaraan Pengantin
-
Penyewaan Pakaian Pengantin
Deskripsi
Barang dan Jasa
Dokumentasi
Mendokumentasi
segala acara dari awal sampai akhir pernikahaan, pengambilan foto,
perekaman video dan hasilnya akan di edit lalu diberikan ke konsumen
dalam bentuk Album Foto, CD, Kanvas dan Mini Galeri.
Tata
rias
Tim
tata rias kami akan merias dua kali untuk pengantin pada hari
ditentukannya acara (pertama sebelum akad nikah atau pemberkatan,
kedua sebelum resepsi pernikahan) sedangkan untuk anggota keluarga
akan dirias sekali pada saat akad nikah.
Penyewaan
Kendaraan Pengantin
Kami
menyediakan berbagai jenis kendaraan sesuai dengan permintaan dari
pasangan pengantin.
Penyewaan
Pakaian Pengantin
Kami
menyediakan busana pengantin dari berbagai adat di Indonesia dan
internasional.
Karakteristik
dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa
Kami
dapat bersaing dengan menunjukkan kualitas dan kuantitas yang kami
berikan. Dimana kami akan memberikan paket-paket yang bervariatif
dengan harga yang terjangkau bagi kalangan masyarakat bawah hingga
masyarakat kalangan atas
Tidak
Lanjut Layanan
Kami
dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan jam kerja yang kami berikan
dari jam 10 pagi sampai jam 7 malam, sedangkan jam pelayanan
mengikuti kemauan pengantin. Kami menerima kritik dan saran atas
hasil pelayanan kami.
Analisis
Pasar
JASA
YANG DIHASILKAN
Jenis
jasa yang dihasilkan : Jasa Pelayanan Pernikahan
GAMBARAN
PASAR
KEGIATAN
PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN :
PAMERAN
Untuk
meluaskan jangkauan bisnis, kami mengikut
sertakan jasa
kami dalam beberapa pameran baik skala besar maupun kecil.
BROSUR
Dalam
bisnis, tentu ada advertising (iklan)
untuk mengenalkan jasa
perusahaan kami. Brosur adalah media iklan yang kami pilih selain
dari iklan
online yang
kami buat.
ADVERTISING
/ IKLAN
Iklan
yang pernah perusahaan kami buat adalah dari media online,
berupa iklan berbayar atau gratis.
WEB
/ MEDIA SOSIAL
Untuk
mempromosikan perusahaan kami kami menggunakan web dan media social
sebagai perantara promosi kami.
Kunci
untuk Sukses
Harga
paket yang kami tawarkan dibawah pasaran sangat jauh terhadap para
pesaing vendor lainnya.
Alat-alat
dokumentasi yang kami gunakan merupakan alat dengan teknologi terbaru
sehingga menghasilkan gambar dan video yang berkualitas tinggi.
Alat-alat
tata rias yang digunakan sangat berkualitas dan menggunakan brand
ternama sehingga memuaskan konsumen.
Kami
menerima saran dan kritik dari konsumen atas pelayanan yang telah
kami berikan.
Strategi
Bisnis dan Implementasi
Periklanan
Hal
yang pertama kali kami lakukan yaitu: mengikuti pameran baik dari
skala kecil maupun besar. Dengan mengikuti pameran kami dapat
memperlihatkan hasil jasa pelayanan kami kepada masyarakat sehingga
menambah minat masyarakat untuk menggunakan jasa kami.
Hal
yang kedua kami lakukan: kami mempromosikan melalui media social
serta brosur. Karena masyarakat saat ini cenderung menggunakan media
social dalam kehidupan sehari-hari.
Strategi
Pemasaran
PENGEMBANGAN
PRODUK
Kami
akan melakukan pengembangan jasa kami dengan cara melakukan
inovasi-inovasi terhadap pelayanan dalam hal selalu memperbaharui
alat-alat yang kami gunakan dan selalu meningkatkan kualitas yang
diberikan untuk bisa menarik perhatian pelanggan baru.
PENGEMBANGAN
WILAYAH PEMASARAN
Kami
melakukan pengembangan dengan cara menjalin kerjasama dengan pihak
atau perusahaan tertentu yang bertujuan bisa memperluas wilayah
perusahaan.
KEGIATAN
POMOSI
Kami
melakukan kegiatan promosi dengan mengikuti pameran baik skala kecil
maupun besar dan menggunakan media cetak maupun elektronik seperti
brosur dan website yang bertujuan untuk memperkenalkan produk yang
kami buat kepada masyarakat.
STRATEGI
PENETAPAN HARGA
Penetapan
harga yang kami berikan memperhitungkan berdasarkan harga di pasaran,
dan juga harga yang kami pasarkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan
konsumen.
Rencana
Penjualan
Rencana
penjualan kami ditujukan untuk masyarakat kalangan bawah hingga
masyarakat kalangan atas.
Organisasi
Perusahaan
kami terdiri dari 8 bagian yaitu: Marketing, Keuangan, Editor, Tata
Rias, Kameramen, Fotografer, Photo Booth, Supir, Cleaning Service.
Jumlah
Pegawai Tetap: 10
Jumlah
Freelance : 20
Struktur
Organisasi
HENRY
RAMBAKILA
(MANAJER)
ROY
IMANUEL
(MARKETING)
RANDY
INDRA RAHIM
(KEUANGAN)
HANDY
CAHYADI
(FOTOGRAFER)
VICKY
RAMADHAN
(EDITOR)
TITHA
TENESHA
(TATA
RIAS)
RICO
(KAMERAMEN)
IBNU
RAMADHAN
(PHOTO
BOOTH)
RANGGA
ARYADANURAJA
(DECORATOR)
Tim
Manajemen
-
Nama : HENRY RAMBAKILA
-
Jabatan : MANAJER
-
Fungsi : Bertanggung jawab mengatur jalannya perusahaan.
-
Nama : ROY IMANUEL
-
Jabatan : MARKETING
-
Fungsi : Bertanggung jawab mengatur pemasaran perusahaan.
-
Nama : RANDY INDRA RAHIM
-
Jabatan : KEUANGAN
-
Fungsi : Bertanggung jawab mengatur pengeluaran dan pemasukan perusahaan.
-
Nama : HANDY CAHYADI
-
Jabatan : FOTOGRAFER
-
Fungsi : Bertanggung jawab dalam dokumentasi gambar.
-
Nama : RICO
-
Jabatan : KAMERAMEN
-
Fungsi : Bertanggung jawab dalam dokumentasi video.
-
Nama : VICKY RAMADHAN
-
Jabatan : EDITOR
-
Fungsi : Bertanggung jawab dalam mengedit video dan gambar.
-
Nama : TITHA TENESHA
-
Jabatan : TATA RIAS
-
Fungsi : Bertanggung jawab dalam merias konsumen.
-
Nama : IBNU RAMADHAN
-
Jabatan : PHOTO BOOTH
-
Fungsi : Bertanggung jawab dalam photobooth.
-
Nama : RANGGA ARYADANURADJA
-
Jabatan : DECORATOR
-
Fungsi : Bertanggung jawab dalam bagian dekorasi.
Analisis
Keuangan
Dalam
menjalankan usahanya perusahaan ini juga melakukan kegiatan transaksi
dan juga memiliki laporan keuangan perusahaan yang berbeda dengan
laporan perusahaan dagang. Laporan keuangan dapat diidentifikasikan
secara jelas dari informasi yang diperoleh oleh suatu perusahaan.
Laporan
keuangan perusahaan yang disajikan setiap akhir periode yang terdiri
atas laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.
1.
Laporan Laba/Rugi (Income
Statement)
Laporan
laba/rugi adalah laporan keuangan perusahaan jasa yang menunjukkan
pendapatan dan beban dari suatu perusahaan dalam satu periode
akuntansi. Laporan laba/rugi perusahaan disajikan dan memiliki
berbagai unsur kinerja keuangan yang diperlukan bagi penyajian secara
wajar. Bentuk laporan laba/rugi yang lazim digunakan ada dua, yaitu:
Bentuk
Langsung (Single
Step)
Dalam bentuk ini, seluruh pendapatan dijumlahkan dan semua beban dijumlahkan. Dari selisih antara jumlah pendapatan dengan jumlah beban dapat diketahui besarnya laba atau rugi usaha.
Dalam bentuk ini, seluruh pendapatan dijumlahkan dan semua beban dijumlahkan. Dari selisih antara jumlah pendapatan dengan jumlah beban dapat diketahui besarnya laba atau rugi usaha.
LAPORAN
LABA/RUGI PT. SMP BRIDAL PERIODE YANG BERAKHIR 31 DESEMBER 2017
Pendapatan Jasa | Rp.75.000.000 | |
Beban Gaji | Rp. 25.000.000 | |
Beban Perjalanan Dinas | Rp 1.000.000 | |
Beban iklan | Rp. 500.000 | |
Beban Telepon | Rp. 350.000 | |
Beban Listrik & Air | Rp. 700.000 | |
Beban Perlengkapan Kantor | Rp. 400.000 | |
Beban Sewa | Rp. 350.000 | |
Beban Penyusutan Peralatan Kantor | Rp. 300.000 | |
Jumlah Beban | Rp. 28.600.000 | |
Laba Usaha | Rp. 46.400.000 |
2.
Neraca (Balance
Sheet)
Neraca
adalah laporan keuangan perusahaan jasa yang menunjukkan keadaan
keuangan atau posisi keuangan suatu perusahaan pada akhir periode.
Posisi keuangan yang dimaksud terdiri atas jumlah aktiva, kewajiban,
dan modal. Dalam penyusunan neraca harus diurutkan sesuai dengan
tingkat likuiditasnya atau tingkat kelancarannya. Rekening yang
lancar harus didahulukan penyusunannya dan rekening yang kurang
lancar disusun di bawahnya. Neraca perusahaan ini dibentuk dengan
menggunakan bentuk stafel.
Bentuk
Laporan (Stafel)
Neraca yang disusun dalam bentuk stafel artinya neraca disajikan dengan harta atau aktiva di bagian atas dan kewajiban serta modal di bagian bawahnya. Neraca bentuk stafel sering disebut juga bentuk laporan/ vertikal.
Neraca yang disusun dalam bentuk stafel artinya neraca disajikan dengan harta atau aktiva di bagian atas dan kewajiban serta modal di bagian bawahnya. Neraca bentuk stafel sering disebut juga bentuk laporan/ vertikal.
Perkiraan/Akun | Debet | Kredit | |
Kas | Rp. 1.000.000 | ||
Perlangkapan | Rp.1.000.000 | ||
Invetaris kantor | Rp.100.000.000 | ||
sewa gedung dibayar muka | Rp.300.000.000 | ||
utang usaha | Rp.0 | ||
Modal | Rp.500.000.000 | ||
Laba bulan berjalan | Rp.75.000.000 | ||
Jumlah | Rp.402.000.000 | Rp.575.000.000 |
3.
Laporan
Arus Kas (Statement
of Cash Flows)
Laporan
arus kas adalah laporan keuangan perusahaan jasa yang menunjukkan
arus masuk dan arus keluar tentang kas dan setara dengan kas. Kas
merupakan uang tunai atau saldo kas dan rekening giro, sedangkan
setara kas merupakan investasi yang sifatnya sangat likuid, berjangka
pendek yang dengan cepat dapat dijadikan kas. Laporan arus kas harus
melaporkan arus kas selama periode tertentu dapat diklasifikasikan
perusahaan SMP Bridal ini menggunakan arus kas dari Aktivitas
Operasi. klasifikasi menurut aktivitas bertujuan memberikan informasi
yang memungkinkan para pengguna laporan untuk menilai pengaruh
aktivitas tersebut terhadap posisi keuangan perusahaan serta terhadap
jumlah kas dan setara dengan kas.
Arus
Kas dari Aktivitas Operasi
Arus kas dari aktivitas operasi terutama diperoleh dari pendapatan perusahaan. Oleh karena itu arus kas tersebut pada umumnya berasal dari transaksi dan peristiwa lain yang memengaruhi penetapan laba atau rugi bersih.
Arus kas dari aktivitas operasi terutama diperoleh dari pendapatan perusahaan. Oleh karena itu arus kas tersebut pada umumnya berasal dari transaksi dan peristiwa lain yang memengaruhi penetapan laba atau rugi bersih.
Laporan Arus Kas Kegiatan Operasi | ||
Nama Perusahaan | ||
Per 31 Desember 2016 | ||
Penerimaan pendapatan jasa konstruksi | Rp. 28.000.000 | |
Arus kas keluar | ||
Beban upah & gaji | Rp. 25.000.000 | |
Beban perjalanan dinas | Rp. 1.000.000 | |
Beban iklan | Rp. 500.000 | |
Beban telepon | Rp. 350.000 | |
Beban listrik dan air | Rp. 700.000 | |
Beban perlengkapan kantor | Rp. 400.000 | |
Beban sewa | Rp. 350.000 | |
Penyusutan peralatan | Rp. 300.000 | |
Total beban | Rp. 300.000 | |
Arus kas masuk dari kegiatan operasi | Rp. 10.000.000 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar